Senin, 30 Mei 2011

SAKHA’, TAWADHU, DAN TAUBAT


SAKHA’ (PEMURAH)
1.    Q.S. Al-Baqarah : 274
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di waktu malam dan di waktu siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”

2.    HR Turmudzi :
“Orang-orang yang bermurah hati dekat dengan Allah, dekat kepada manusia dan dekat kepada surga. Orang-orang yang bermurah hati jauh dari neraka, sedang  orang  yang kikir jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surge, dan dekat kepada neraka. Orang bodoh yang bersifat pemurah lebih disukai Allah daripada ahli ibadah tetapi kikir”.

TAWADHU’ (RENDAH HATI)
1.    Q.S. Al-Furqon : 63
“Dan hamba-hamba Allah yang Maha Penyayang itu adalah orang-orang yang berjalan di mua bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan”.

2.    HR Ath-Thabrani
“Barangsiapa yang merendahkan diri kepada saudaranya yang muslim, maka Allah meninggikannya dan barangsiapa yang meninggi terhadapnya (saudaranya yang muslim), maka Allah merendahkannya”.

TAUBAT
1.    Q.S. Hud : 3
“Mintalah ampun kepada Tuhanmu, kemudian bertaubatlah kepada-Nya, maka Dia akan memberimu kesenangan yang baik sampai masa yang tidak ditentukan, dan tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan akan diberi keutamaan, tetapi jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku (Muhammad) sangat mengkhawatirkan adzab di hari yang besar itu akan menimpamu”.

2.    Q.S. At-Tahrim : 8
Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kamu semua kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan mengampuni kesalahan-kesalahan kamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia, sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan, “ Ya..Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

3.    Hadits Qudsi :
Allah berfirman : “ Aku cinta kepada 3 golongan manusia, tetapi Aku lebih cinta kepada 3 golongan manusia yang lain”.
·    Aku mencintai orang kaya yang pemurah, tetapi aku lebih mencintai orang miskin yang pemurah
·   Aku mencintai orang miskin  yang tawadhu’, tetapi aku lebih mencintai orang kaya  yang tawadhu’
·   Aku mencintai orang tua yang bertaubat, tetapi aku lebih mencintai orang muda yang bertaubat

4.    Allah berfirman : “ Aku membenci  kepada 3 golongan manusia, tetapi Aku lebih membenci kepada 3 golongan manusia yang lain”.
·   Aku membenci kepada orang miskin yang bakhil, tetapi aku lebih membenci kepada orang kaya yang bakhil
·   Aku membenci kepada orang kaya yang takabur, tetapi aku lebih membenci kepada orang miskin yang takabur
·   Aku membenci kepada anak muda yang berbuat maksiat, tetapi aku lebih membenci kepada orang tua yang berbuat maksiat



Disampaikan Oleh : Ir.HM. Bashir
Pada pengajian Ahad Pagi, Masjid Al-Huda

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

web referer



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters